Tiga puluh empat tahun menjajaki dunia medis bagi dr.Fath bukanlah tentang titel dan kebanggaan saja. Lebih dalam dari itu,bagaimana ia mendarat tepat sebagai seseorang yang memengaruhi dan menginspirasi lingkungan karirnya.
“Spreading the passion i have for
my work then inspired team and be a bestfriend for customers.”
Bukan
hanya slogan yang digaungkan tanpa kerja nyata. Menempuh
empat belas tahun berorganisasi,tigabelas tahun sebagai top management, ,duapuluh lima tahun sebagai ahli bedah
jantung, Pengetahuan yang
mumpuni tentang Lean Management bukanlah tapak yang
tidak menghasilkan harapan tinggi dalam kepemimpinannya di Rumah Sakit PELNI.
Sebagai
dokter bedah jantung yang sudah mahfum menghadapi kondisi krusial ketika
mengangani medis yang cepat dan tepat pada pasien jantung dua jam pasca
serangan jantung,sosok dr.Fath telah teruji membaca lembaran ujian yang berkaitan
dengan kondisi genting kesehatan manusia
dan juga lewat pengalaman organisasinya cukup mengantarkannya berada di posisi
pemimpin yang memiliki pemikiran melesat dan cemerlang,juga humanity.
Di
tengah carut marut manajemen,dr.Fath hadir sebagai sosok cemerlang yang tidak
diartikan sepenuhnya sebagai seseorang yang paling sempurna.Cemerlang dalam
membangun personal brandingnya, di mana kehadirannya selalu dibutuhkan,memberikan
value dan benefit. Sebagai seorang atasan di rumah sakit,beliau tampil
sebagai atasan yang memotivasi dan mengayomi. Pemikiran pemikirannya tentang loving and caring person, akhirnya
menumbuhkembangkan embrio ide ide kearah perbaikan manajemen dan sumber daya
manusia di rumah sakit.
Bagai
menghitung detik bom waktu,cepat bergerak dari kisruhnya kondisi kurang baik memang
harus menjadi prioritas utama.Rumah sakit bagi dr.Fath bukan semata bisnis
komersil tetapi bisnis yang memanusiakan manusia.Langkah dr.Fath setiap waktu
bersama team managemen berisi percakapan yang melahirkan ide cemerlang.Persahabatan
yang ditanamkan sebagai wujud kebersamaan yang ia yakini bahwa jika berjuang
sendiri sendiri,kecil kemungkinan impian akan optimal terwujud.Maka sambung
tangan team diyakininya sebagai perjuangan yang memiliki konsep jelas.
Masalah-masalah klasik yang lumrah
dihadapi instansi atau perusahaan,tidak jauh dari kesulitan arus kas,kualitas
layanan dan kepuasan konsumen.Mulai dari memperbaiki strategi operasional,perkembangan
teknologi rumah sakit,manajemen resiko,masalah finansial, praktik dan
ketersediaan, serta kualitas dan biaya sumber daya manusia, kompak ia benahi lewat
konsep “Moment Of Truth” yaitu
pengalaman berinteraksi yang harus lebih baik lagi agar benar benar mampu
menelanjangi penglihatan terhadap masalah hingga ke akar-akarnya.
Untuk menjadi capable dalam manajement Lean
yang disebut sebut sebuah penerapan yang memiliki tingkat kesulitan lebih
tinggi dari penerapan system manajemen lainnya karena dalam lean,perusahaan
harus menekan biaya produksi tanpa mengurangi kualitas atau mutu produk dan
pelayanan untuk konsumen,dr Fath bersama team menggaungkan metode yang
diistilahkan dengan sebutan kaizen.
“Perubahan Lebih Baik.” Itulah karakteristik yang
diciptakan oleh RS PELNI. Dalam
Bahasa Jepang, pilosofi Kaizen yang berarti memfokuskan diri pada pengembangan
dan kesempurnaan secara terus menerus atau berkesinambungan dalam perusahaan,
sungguh menyedot sekumpulan semangat yang kemudian memantulkan beraneka
perubahan menyeluruh yang tidak hanya dirasakan oleh karyawan rumah sakit
tetapi juga oleh semua pasien.
Dr.Fath percaya bila team yang ia bangun
motivasinya, ia bangun keberaniannya menghadapi tantangan,akan mampu membangun
dirinya sendiri dalam keberhasilannya.Karena kebutuhan konsumen pasti berubah
maka tumbuh menjadi seorang inisiator yang relevant yaitu menempatkan sesuatu
sesuai kebutuhan konsumen haruslah menjadi bagian yang tidak perlu ditawar
tawar lagi.Simbol keberhasilan adalah pemantik sebuah perusahaan dikenal
masyarakat namun dr.Fath melengkapi laju perubahan rumah sakit dengan distinctiveyaitu unik dan berbeda dari
yang lain.
Sepanjang tiga tahun, belajar keras dan
bekerja cerdas adalah wajah yang ditampilkan dr.Fath.Mengelola pikiran dan
perasaan dengan berani, melihat peluang “internal dan eksternal,” fokus pada
strategi solusi,action dan mereview hasil kerja.Sepak terjangnya yang tidak
dilakukan dengan setengah hati ini membalut jiwanya menjadi pribadi yang lebih matang dalam
bertindak untuk kehidupan yang sesungguhnya.
Global
Healthcare,Challenges for Indonesian Hospital,understanding customers needed,Focus
Market,Road Map Problem,Strategy For The Future,Reduce Time And Cost,dan
beberapa point lainnya dijadikan titik temu yang tak mau ia tunda untuk
merealisasikannya.Tangan kekarnya semakin bersinergi dengan tangan tangan lain
yang bergerak kokoh.Bersama dr.Fath, RS PELNI
berani mengemas janji yang bukan
retorikal saja,bukan janji janji saja tetapi nyata ditepati sebagai pusat
pelayanan kesehatan yang easier,better,faster,affordable.
Kaizen
dan lean management menjadi
dua kombinasi segar yang sama segarnya seperti konsep penghijauan rumah sakit
sebagai bentuk fasilitas healingterhadap
kondisi-kondisi berat yang dialami pasien rawat jalan maupun rawat inap.
Sosok perempuan dengan riwayat Pendidikan formal dan nonformal yang sangat mumpuni,ditambah juga dengan riwayat fungsionalnya yang luar biasa di banyak instansi maupun diluar instansi,seorang istri dari Dr.dr.Jusuf Rachmat,Sp.B, seorang ibu dari tiga putera dan satu puteri,seorang pengajar dan aktif dalam organisasi profesi,hingga kini menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit PELNI, Dr.Fath adalah sosok tepat bagi siapa saja yang ingin bertukar pikiran,atau sekadar bertandang pada bilik bilik pemikirannya yang kaya akan keywords.Sungguh sedikit sekali jumlah manusia yang mampu memberikan seluruh waktu,hati dan pemikiran hebatnya untuk menghadirkan tempat terbaik teman terpercaya untuk bangsa Indonesia yang kini haus akan perbaikan kualitas pelayanan kesehatan.
Sosok perempuan dengan riwayat Pendidikan formal dan nonformal yang sangat mumpuni,ditambah juga dengan riwayat fungsionalnya yang luar biasa di banyak instansi maupun diluar instansi,seorang istri dari Dr.dr.Jusuf Rachmat,Sp.B, seorang ibu dari tiga putera dan satu puteri,seorang pengajar dan aktif dalam organisasi profesi,hingga kini menjabat sebagai Direktur Rumah Sakit PELNI, Dr.Fath adalah sosok tepat bagi siapa saja yang ingin bertukar pikiran,atau sekadar bertandang pada bilik bilik pemikirannya yang kaya akan keywords.Sungguh sedikit sekali jumlah manusia yang mampu memberikan seluruh waktu,hati dan pemikiran hebatnya untuk menghadirkan tempat terbaik teman terpercaya untuk bangsa Indonesia yang kini haus akan perbaikan kualitas pelayanan kesehatan.
Komentar
Posting Komentar