Langsung ke konten utama

PEMIMPIN dan PERUBAHAN.

BERUBAH atau MATI, 2 ungkapan klasik yang banyak di dengungkan oleh para CEO Perusahaan Global ketika mengajak karyawannya untuk melakukan Perubahan di Perusahaannya.

2 kata tersebut menjadi MANTRA SAKTI bagi Perubahan yang ingin dicapai oleh Perusahaan, tentu selama masih hidup orang ingin BERUBAH kecuali yang sudah prustasi pasti jatuh kepada pilihan untuk MATI.

Kepemimpinan & Perubahan semacam 2 ban sepeda yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Kepemimpinan hadir untuk adanya perubahan dan kepemimpinan tidak punya arti apa-apa jika tidak berhasil membawa perubahan ke arah yang lebih baik bagi pengikutnya.

DR. Fathema hadir pada awal 2014 di Rs. Pelni dalam keadaan keuangan yang tidak baik, jumlah kunjungan pasien yang minim, proses internal layanan yang tidak bekerja maksimal dan persoalan lain yang membelenggu rumah sakit untuk bergerak ke arah Perubahan.

Lewat gaya kepemimpinannya saat ini semua berubah: Keuangan membaik, kunjungan pasien meningkat tajam, daily improvment dalam proses internal dibangun untuk menjadi habit bagi para pelakunya dalam hal ini tenaga medis dan non medis dan yang terpenting bahwa semua karyawan yakin bahwa Rumah Sakit ini sedang di bawa ke arah perubahan yang lebih baik oleh sang Pemimpinnya.

PESAN yang selalu muncul saat memimpin rapat dan berkunjung ke gemba menjadi Kekuatan tersendiri untuk mengajak para karyawan Rs. Pelni turut serta dalam agenda perubahan yang diinginkannya untuk membawa rumah sakit ini ke arah yang lebih baik.

Blog ini lahir dari sebuah proses panjang yang berisikan kumpulan PESAN dari DR. Fathema yang didengar saat beliau memimpin rapat & saat kunjungan ke gemba, lalu dicatat manual dikertas kerja, malamnya di ketik  dan di upload ke blog ini.

tapi perjalanan panjang membuat Blog ini hanya 1/1000 dari LONG JOURNEY Dr. Fathema di dalam memimpin Perubahan Rs. Pelni ke arah yang lebih baik, hal ini seperti dalam 1 PESAN Pendeknya ketika memimpin rapat di ruang Direksi:

Pemimpin adalah lewat KEHADIRANNYA, TUTUR KATANYA dan TINDAKANNYA menginspirasi banyak orang untuk IKUT PERUBAHAN yang diinginkannya untuk membawa PERUSAHAAN kearah yang LEBIH BAIK. 


Selamat membaca, semoga menjadi inspirasi kita semua untuk menjadi PEMIMPIN yang SEBENARNYA. 



Salam,


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbaikan PELAYANAN RS berbasis LEAN MANAGEMENT

Setelah melewati tahun pertama implementasi INACBG di Indonesia, praktisi rumah sakit banyak sekali mendapat pelajaran berdasarkan pengalaman (learning by doing).  Dalam proses belajar yang terjadi secara massal dan pararel pada seluruh stake holder pelayanan kesehatan di Indonesia tersebut ada yang membawa organisasinya melalui tahun 2014 dengan gemilang, namun tidak sedikit pula yang mengalami kesulitan.  Terutama dikaitkan dengan adaptasi terhadap prospective payment system . Niat baik para praktisi rumah sakit di Indonesia untuk berkontribusi dalam program JKN, tidak semua berbuah manis. Banyak sekali aturan perundangan yang mengamanatkan konsep kendali mutu kendali biaya dalam pelayanan kesehatan,baik yang dikemukakan eksplisit maupun implisit. Dari UUD 1945, UU 39 th 1999 tentang Hak asasi manusia, UU no. 40 th 2004 tentang SJSN, UU no. 24 th 2011 tentang BPJS, PP 101 th 2012 tentang PBI, PP 86 th 2013 tentang Kepesertaan tenaga kerja, Perpres 111 th 2013 tentang

BERUBAH butuh ADRENALIN

Hidup itu…10 persennya adalah apa yang terjadi pada diri kita dan 90 persennya adalah bagaimana reaksi atau respon kita menghadapinya.Tenang atau keblingsatan? Dalam setiap ketakutan,orang banyak ngawur bicara, banyak marah-marah.Dalam ketenangan,orang banyak menjadi juara.Kalau saya sangat memercayai hal ini, bagaimana dengan anda ? Adakalanya keberuntungan,kemudahan menjadi sahabat sejati kita yang bersebab bukan karena Indeks Prestasi Kumulatif kita sangat sempurna saja. Lebih tersembunyi dari itu, orang yang dalam hidupnya memudayakan afirmasi yang baik-baik, akan membawa pengaruh langsung terhadap kualitas hidupnya.Jangan remehkan afirmasi. Afirmasi merupakan pernyataan deklaratif kuat yang dapat berefek membalik kepercayaan atau sikap negatif.Maka buanglah pikiran negatif kemudian menggantinya dengan pikiran positif.Untuk berdamai dengan tantangan,saya sangat membutuhkan kualitas pikiran positif karena saya percaya sekali afirmasi sangat membantu saya memperoleh sepaket

Catatan TAMU: Implementasi LEAN di RS. PELNI

'Lean Management' adalah metode *sistematis dan integratif* yang diimplementasikan secara berkesinambungan, untuk meminimalisir dan *mencegah adanya pemborosan* ataupun proses yang tidak bernilai tambah (non value added). Caranya adalah dengan  perbaikan berkelanjutan (continuous improvement), melalui pemetaan value stream (peta yang memperlihatkan proses nyata secara lebih rinci, mengandung informasi yang lengkap seperti tahapan proses, lead time, antrian, dan lain-lain). Proses yang biasa dilakukan di industri manufaktir ini *harus melibatkan seluruh karyawan,* baik dari tingkatan top management sampai tingkatan yang terendah. Sejalan dengan perkembangan, sekarang ini konsep 'Lean Management' tidak hanya dapat diterapkan di industri manufaktur, tetapi dapat diterapkan di perusahaan jasa, instansi pemerintah dan *pelayanan kesehatan (rumah sakit, dan sebagainya),* maupun lembaga pendidikan. Semua institusi tersebut dapat menerapkan 'Lean Management' untuk m