Langsung ke konten utama

FAMILY & PATIENT VOICE based Improving PATIENT SAFETY

Menjadi topik besar dan frame work ke depan yang selama ini belum banyak digali  untuk proses  perbaikan melalui Learning  action Change and Improvement  .

Methode ini diperbarui melalui New power dengan nilai nilai baru " Kekinian kolaborasi   sharing lebih terbuka walaupun pendapat berbeda  dan membangun networking dan relation ship "baik di level makro dan mikro.

Konsep new power adalah saling belajar dan mengajar sehingga dari mulai  level pembuat regulasi sd rumah sakit merupakan net working dan pemanfaatan multi channel.

bekerja sama  menggunakan Gabungan learning change dan improvement proses menjadi lebih cepat untuk perubahan yang diinginkan .

Makro dan mikro sistem dalam satu tim dengan new power akan membuat implementasi dan peningkatan pasien safety di Indonesia lebih cepat.

Saya kaitkan dengan patien voice dan menyajikan data dari indikator yg diukur secara Nasional ( metric ) dan Mengukur outcome pasien yang direfleksikan  untuk memperbaiki berbagai regulasi JKN kita.

coba lihat kasus yg terakhir di Indonesia dengan bayi  tidak sampai 1 minggu regulasi dapat berubah kalau disajikan dengan cara yg cerdas dengan data analisa yg baik dan kerja kolaboratif level macro dan mikro saya yakin akan ada perubahan baik dari regulasi  pasien safety  yang dipengaruji baik langsung maupun tidak langsung dengan tarif JKN.

Salam
Fath

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbaikan PELAYANAN RS berbasis LEAN MANAGEMENT

Setelah melewati tahun pertama implementasi INACBG di Indonesia, praktisi rumah sakit banyak sekali mendapat pelajaran berdasarkan pengalaman (learning by doing).  Dalam proses belajar yang terjadi secara massal dan pararel pada seluruh stake holder pelayanan kesehatan di Indonesia tersebut ada yang membawa organisasinya melalui tahun 2014 dengan gemilang, namun tidak sedikit pula yang mengalami kesulitan.  Terutama dikaitkan dengan adaptasi terhadap prospective payment system . Niat baik para praktisi rumah sakit di Indonesia untuk berkontribusi dalam program JKN, tidak semua berbuah manis. Banyak sekali aturan perundangan yang mengamanatkan konsep kendali mutu kendali biaya dalam pelayanan kesehatan,baik yang dikemukakan eksplisit maupun implisit. Dari UUD 1945, UU 39 th 1999 tentang Hak asasi manusia, UU no. 40 th 2004 tentang SJSN, UU no. 24 th 2011 tentang BPJS, PP 101 th 2012 tentang PBI, PP 86 th 2013 tentang Kepesertaan tenaga kerja, Perpres 111 th 2013...

dr. FATH hadir di Majalah TEMPO

mengedepankan NILAI KEMANUSIAAN

Kesedihan mendalam masih menyelimuti keluarga pasangan Rudianto Simanjorang dan Henny Silalahi.Pasalnya, buah hati mereka, Tiara Debora, harus pulang ke sisi Sang Pencipta mendahului orang tuanya karena diduga terlambat mendapat penanganan medis dari RS di bilangan Jakarta Barat. Bayi berusia empat bulan itu mengalami sesak napas pada 3 September 2017, lalu dibawa ke RS tersebut .Bayi tersebut kemudian mendapat penanganan di instalasi gawat darurat (IGD). Setelah itu, dokter menyarankan agar Debora dirawat di ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU).Lantaran terkendala masalah uang muka untuk membayar biaya perawatan di PICU, keluarga mencari rujukan rumah sakit lain.Namun nyawa Debora tak tertolong sebelum sempat mendapatkan rujukan. Rumah Sakit baik pemerintah maupun swasta wajib memberikan pelayanan kesehatan bagi penyelamatan nyawa pasien dan pencegahan kecacatan terlebih dahulu.Sementara itu, apabila pasien dalam keadaan darurat, fasilitas pelayanan kesehatan, baik pemerintah ...