Langsung ke konten utama

upaya meningkatkan PATIENT SAFETY

Selamat pagi teman 2 dokter dan perawat

1.dalam menuliskan tanda vital selain TD N S Pernapasan juga skala nyeri jadi bukan ditulis nyeri tidak berat dsb karena sudah standarisasi bila belum mengetahui mohon mempelajari SOP atau buku untuk standarisasi

2.kebanyakan pasien tidak mengenal nama kita maka RS Pelni mengkampanyekan : My name is mohon teman 2 mulai mekakukan perhari ini memperkenalkan diri

3.Mohon meningkatkan kesadaran sendiri melakukan Hand higiene bagi dokter. perawat. nakespro dan manajemen.

4.Whats the matter with you adalah suatu cara menanyskan kepada pasien apa yg terjadi pada diriinya bagaimana kondisinya dan bagaimana kita mendengarkan patient voice menjadi bagian penting.

5.Whats matter to you apa yg penting bagimu yaitu kita menanyakan kepada pasien apa yg penting obatnya keluarganya belum besuk mau dirawat dirumah ingin diluhat pasien yg penting saya mau bisa jalan dsb perlu ditanyaksn ketika vifit atau jumpa di kunjungan pertama hari itu ini bagian pstient voice yg juga penting.

Salam Perubahan
Fath

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perbaikan PELAYANAN RS berbasis LEAN MANAGEMENT

Setelah melewati tahun pertama implementasi INACBG di Indonesia, praktisi rumah sakit banyak sekali mendapat pelajaran berdasarkan pengalaman (learning by doing).  Dalam proses belajar yang terjadi secara massal dan pararel pada seluruh stake holder pelayanan kesehatan di Indonesia tersebut ada yang membawa organisasinya melalui tahun 2014 dengan gemilang, namun tidak sedikit pula yang mengalami kesulitan.  Terutama dikaitkan dengan adaptasi terhadap prospective payment system . Niat baik para praktisi rumah sakit di Indonesia untuk berkontribusi dalam program JKN, tidak semua berbuah manis. Banyak sekali aturan perundangan yang mengamanatkan konsep kendali mutu kendali biaya dalam pelayanan kesehatan,baik yang dikemukakan eksplisit maupun implisit. Dari UUD 1945, UU 39 th 1999 tentang Hak asasi manusia, UU no. 40 th 2004 tentang SJSN, UU no. 24 th 2011 tentang BPJS, PP 101 th 2012 tentang PBI, PP 86 th 2013 tentang Kepesertaan tenaga kerja, Perpres 111 th 2013...

dr. FATH hadir di Majalah TEMPO

mengedepankan NILAI KEMANUSIAAN

Kesedihan mendalam masih menyelimuti keluarga pasangan Rudianto Simanjorang dan Henny Silalahi.Pasalnya, buah hati mereka, Tiara Debora, harus pulang ke sisi Sang Pencipta mendahului orang tuanya karena diduga terlambat mendapat penanganan medis dari RS di bilangan Jakarta Barat. Bayi berusia empat bulan itu mengalami sesak napas pada 3 September 2017, lalu dibawa ke RS tersebut .Bayi tersebut kemudian mendapat penanganan di instalasi gawat darurat (IGD). Setelah itu, dokter menyarankan agar Debora dirawat di ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU).Lantaran terkendala masalah uang muka untuk membayar biaya perawatan di PICU, keluarga mencari rujukan rumah sakit lain.Namun nyawa Debora tak tertolong sebelum sempat mendapatkan rujukan. Rumah Sakit baik pemerintah maupun swasta wajib memberikan pelayanan kesehatan bagi penyelamatan nyawa pasien dan pencegahan kecacatan terlebih dahulu.Sementara itu, apabila pasien dalam keadaan darurat, fasilitas pelayanan kesehatan, baik pemerintah ...