Taruh cita-cita ditempat paling
tinggi dan jangan berhenti sampai teraih. Saya ingin memulai sesuatu dengan apa
yang ada dalam diri saya,mengerahkan apa yang saya miliki dan melakukan apa
yang dapat saya lakukan,dengan hati yang senang.Semua pemaparan dalam buku,
setidaknya sudah sangat menggambarkan tantangan yang radikal ,yang kemudian tak
ada acara lain untuk berdamai dengan hal tersebut lewat inovasi yang radikal.
Dibalik kerasnya tantangan,terselip
kecintaan dan keinginan melindungi yang tumbuh dalam diri saya memang cukup besar.Rasanya
semua yang saya lakukan tidak boleh jauh jauh dari konsep konsep tersebut.Rumah
Sakit itu sangat membutuhkan soft
competencydan hard competency.
Selain membangun people, manajement rumah sakit juga
harus membangun fasilitas secara berkala.Kini Rumah Sakit PELNI Petamburan dilengkapi
fasilotas MSCT Scan 128 dan Extracorporeal Shock
Wave Lithotripsy (ESWL). Tambahan dua peralatan berteknologi canggih ini akan
memudahkan masyarakat untuk mendapat hasil pemeriksaan yang lebih cepat dan
akurat.
MSCT
dapat membantu dokter mempercepat diagnostik gangguan organ dalam pasien,
seperti jantung, pankreas, liver, dan paru-paru.Kehadiran fasilitas MSCT Scan
128 ini merupakan rangkaian penambahan fasilitas pemeriksaan berteknologi
canggih di RS PELNI Petamburan yang sedang mempersiapkan diri bertransformasi
menjadi Royal Pelni Hospital. Dalam waktu tidak lama lagi, Rumah Sakit PELNI
Petamburan juga akan meresmikan 100 alat hemodialisis dan memiliki endoskopik
center.Sungguh saya sangat mengapresiasi inovasi radikal ini.
MSCT Scan 128 merupakan produk
kesehatan di bidang pencitraan medis yang mampu menampilkan 128 irisan citra
organ tubuh pasien. MSCT Scan dimanfaatkan untuk pemeriksaan jantung dengan
kecepatan pemeriksaan yang lebih singkat dan gambar pencitraan yang lebih
akurat.
Alat canggih seharga Rp 8,8 miliar
ini juga memiliki tingkat radiasi yang lebih rendah. Keunggulan lainnya adalah
dapat menyesuaikan diri dengan kebutuhan pasien, mulai dari pemeriksaan anak
hingga pasien dengan berat badan hingga 300 kilogram.Cita cita saya, harapan
besar saya, rakyat Indonesia semakin percaya pada rumah sakit di Indonesia dan
mendukung penuh usaha menajement rumah sakit di Indonesia yang terus melengkapi
fasilitas kesehatannya.
Berlanjut pada inovasi radikal, bahkan
urusan “bed” pasien yang kasat mata tidak terlalu membawa pengaruh,tetapi dalam
pandangan kami,hal ini masuk kedalam daftar kaizen.Daftar yang juga harus
mendapat wajah baru dan manfaat nilai untuk pasien.
Sebelum penerapan Kaizen, perawat
menerima telepon berulang kali untuk konfirmasi tempat 1 pasien,perawat harus
mondar mandir 5-10 kali hanya untuk melihat kamar yang siap pakai apabila ada
telepon masuk dan meminta persiapan kamar untuk pasien baru.Solusi yang
ditempuh tim Kaizen dalam hal ini adalah dengan ide penandaan Mc Barney sebuah
alat bantu visual yang memudahkan perawat melihat kesesuaian kondisi kamar
dengan bed management di SIRS untuk persiapan pasien pulang.
Review yang saya dapat pada bulan Oktober 2015 waktu untuk
memgetahui kesiapan kamar sekitar 2-5 menit dan pada November 2015 kurang lebih
hanya 10 detik.Konfirmasi ke house keeping
pada Oktober 2015 sebanyak 5-10 kali
dan pada November 2017 benar benar tidak memerlukan konfirmasi
“mondar-mandir” tersebut. Begitu juga untuk konfirmasi ke perawat pada Oktober 2015ada 2-3 kali dan pada November 2015 sudah tidak lagi ada
konfirmasi ke perawat.
Sejak tahun 2014 sampai dengan 2016,
Tim Kaizen berhasil memangkas biaya 300 juta per tahun hanya untuk Bed
Manajement dan penerimaan resep secara online. Sungguh angka fantastis.Sistem
semua diubah dengan mempermudah monitoring bed
ruangan mulai dari pasien masuk hingga pasien pulang.Menghemat waktu,SDM
dan biaya.Begitu juga dalam Prescription Online System, Kaizen telah mengubah
waktu proses perresepan obat menjadi lebih singkat.Hemat waktu, kertas dan SDM
,juga mudahnya control monitoring pemberian resep.
Dalam PACS System , Kaizen menghemat
biaya 1,4 Milyar karena waktu proses
pembacaan photo format DICOM,entry expertise bisa dilakukan mobile. Dengan
begitu sangat menghemat waktu,SDM dan kertas.
Dalam integrase LIS dan SIRS,Kaizen
berhasil juga menghemat biaya 700.000 per tahun karena Kaizen memberlakukan
entry order LAB dengan sistem online sehingga menghemat waktu, SDM dan kertas.
Electronic Health Record yang biasanya memakan biaya besar,
kini melalui kaizen berhasil menghemat
biaya 2,8 Milyar Per-tahun.Sungguh radikal bukan penurunan penghematan biaya
biaya rumah sakit dengan sistem Kaizen.
E-Filing system menghemat biaya 715 juta per tahun karena Kaizen merubahnya
dengan waktu proses pencarian dokumen menjadi lebih singkat, hemat storage dan
keamanan dokumen.Proses pengiriman dan pencarian dokumen menjadi lebih
singkat.Hemat waktu, SDM dan kertas sampai dengan hemat tempat penyimpanan
berkas.
Tak mau melihat langsung maka tak
akan benar benar mengerti. Dalam hal ini saya turun langsung ke lapangan untuk mengetahui
secara detil, hal yang barangkali tak terjamah naum keberadaannya punya
pengaruh besar dalam laju keseharian di rumah sakit.
Adalah pelayanan transporter.Tim
Kaizen menerapkan layanan baru tanpa merekrut orang baru dengan model 3C
(Cluster,Coridor,Connector).Mengapa kami menaruh perhatian tak kalah besar juga
terhadap transporter? Karena kebutuhan pengantaran pasien rawat inap di Rumah
sakit PELNI perhari mencapai 350 kali,baik pengantaran dan penjemputan
pasien.Titik keberangkatan berasal dari
admission,IGD,Ranap 1,Ranap 2,Ranap Bougenville dengan tujuan ke ruang
OK,Radiologi,Cathlab,Endoscopy,Fisioterapi,Rehab Medik,poly bedah dan lobby
utama.
Maka untuk merespon hal tersebut
dibentuklah tim untuk menyiapkan operasional transporter, di mana dalam
persiapan awalnya tim ini menyiapkan operasional transporter,di mana dalam
persiapan awalnya tim ini menyiapkan kebutuhan operasional layanan : data
frekwensi permintaan porter,penyiapan SDM,Route porter dan monitoring pelayanan
porter dari hari ke hari.
Berdirinya layanan transporter harus
didukung oleh bagian administrasi, keuangan,SDM,pengadaan,dukungan
regulasi,dukungan sarana prasarana. Setiap harinya Rumah sakit PELNI membuat 3
shift mulai pukul 06.30 pagi sampai dengan 06.30 pagi keesokan harinya, di mana
masing masing shift 1 dan shift 2 berjumlah 9 orang dan shift 3 berjumlah 5
orang.Tingginya aktivitas Transporter di rumah sakit setiap harinya,
menggerakkan tim Kaizen untuk kembali membenahi pelayanan transporter dengan
ide ide yang cemerlang.
Biasanya, transporter melakukan
pengantaran ke ruang pasien keruang tindakan misalnya radiologi,USG,Fisioterapi
dll.Ide Kaizen adalah dengan mengurangi motion perawat sehingga perawat dapat
fokus terhadap pelayanan pasien.Jadi yang sebelumnya dilakukan perawat,kini
dilakukan khusus oleh seorang transporter.
Transporter hanya mempunya satu zona
layanan yaitu zona IGD dan Admission.Ide kaizen adalah merubah model pelayanan
menjadi sistem cluster,koridor dan conector.Sebelumnya, transporter hanya fokus
untuk kedatangan pasienm jinni meliputi pelayanan kedatangan, kepulangan dan
pengantaran untuk tindakan pasien rawat inap.
Sebelumya,komunikasi belum
dilengkapi HT sehingga membuat laeder transporter kesulitan
berkomunikasi.Karena kendalam ini, tercetuslah ide bahwa semua transporter
harus dilengkapi HT agar leader transporter muah berkomunikasi dengan
teamnya.Sejaka perubahan ini,order dari perawatlebih cepat direspon oleh
transporter.
Sebelum penerapan kaizen,pada
pukul10.00 sampai dengan 15.00 order partner dalam posisi puncak.Kaizen tim
memiliki ide untuk menyediakan porter cadangan dari pelayanan ruangan yang
idle.Setelahnya kini delay permintaan transporter maximum 10 menit.Perubahan
mencolok yang terlohat adalah delay kedatangan transporter berkurang 20 menit.
Saat jam makan,transporter sulit
dicari karena mereka makan diluar rumah sakit.Kaizen menerapkan aturan baru
dengan mengatur jam makan dan menyediakan makanan untuk transporter agar tidak
sulit lagi dicari,pada jam makan siang.Dengan perubahan sistem dan budaya
ini,transporter lebih fokus kepada pekerjaannya.
Setiap orang bemimpi hidup dengan
mimpi yang berhasil ditaklukan.Sebagian lagi berpikir lebih depan dan tetap
mewujudkannya.Saya rasa perubahan pada lini transporter tak kalah luar
biasanya.Tenaga transporter saat ini berjumlah 27 orang dan sudah dapat
memenuhi kebutuhan pelayanan yang dibutuhkan oleh instalasi rawat inap.
Tenaga transporter sebanyak 27 orang
dialihkan dari pramukarya ruamgan dan cleaning service,berkontribusi terhadap
saving cost rumah sakit dalam 1 bulan sebesar 87.750.000 (asumsi 1 pelayanan selama ini fee perbulan 3.350.000).
Beban porter saat ini baru mencapai
53,4% dari 350 frekwensi permintaan dan 27 porter yang bertugas 1 hari, di mana
masing-masinf porter bertugas selama 7 jam Beban kerja transporter dapat
mengalami lonjakan frekuensi mencapai 600 X per 24 jam yang disebebkan adanya
permintaan transporter untuk pengantaran obat farmasi dan sampel darah akibat
pneumatic tube yang sedangtidak berfungsi atau sedang dalam maintenance.
Saya menyadari bahwa kepemimpinan
ini sudah tiba pada zaman yang disebut
Information Technology Age di mana peran IT sangat dirasakan dalam
kehidupan bermasyarakat.Pada zaman ini,segala sesuatu dapat dilakukan super
cepat karena informasi terbuka lebar melalui internet .Tentunya keuntungan
zaman ini kebih besar dari zaman sebelumnya .Pamgsa pasar bisnis
terbuka.Penerapan Kaizen Rumah Sakit PELNI diciptakan untuk melayani Pasien dalam Proses Penyembuhan.
Komentar
Posting Komentar